PT. Nusa Multi Dimensi adalah perusahaan yang menyediakan jasa desain dan penyediaan informasi jasa kontraktor seperti rumah, villa, kost-kostan, maupun bangunan lainnya.

+62 812-1396-5588 support@nmd.co.id

Blog

HomeArtikelTips Perawatan Lantai Rumah Sesuai Materialnya
Lantai Rumah

Tips Perawatan Lantai Rumah Sesuai Materialnya

Tips Perawatan Lantai Rumah Sesuai Materialnya

Perawatan lantai rumah memang perlu diperhatikan. Karena material lantai rumah berbeda-beda, begitupun cara perawatannya. Jika anda membangun rumah dari nol memang rasanya berbeda. Selain dapat memantau setiap perkembangannya, anda juga dapat memilih material-material yang tepat, termasuk jenis lantai rumah yang akan dipilih. Lantai rumah juga perlu disesuaikan dengan dekorasi hunian anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan ahlinya, yaitu konsultan arsitek. Disini kami dari Nusa Multi Dimensi hadir untuk memberikan solusi bagi anda.

Sebelumnya kami akan memperkenalkan diri, PT Nusa Multi Dimensi merupakan salah satu Konsultan Arsitek yang berlokasi di Kota Depok. Kami memiliki beberapa arsitek yang terdaftar dan memiliki sertifikasi tenaga ahli di Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Kami bermula dari sebuah studio pada tahun 2016 dan berkembang pada tahun 2019 menjadi PT Nusa Multi Dimensi. Sampai dengan saat ini kami siap membantu untuk pekerjaan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan dengan team yang sudah berpengalaman dibidangnya. Membangun atau merenovasi Rumah Tinggal, Perumahan, Ruko, Hotel, Apartemen, Vila maupun Resort kami siap membantu sesuai keinginan. Dan kami pun siap mensuport tempat usaha seperti Cafe, Restaurant, Kantor, Booth Pameran atau tempat wisata yang akan dibangun.

Agar tidak salah, yuk, pahami empat jenis lantai rumah yang bisa anda. Pahami juga setiap tahap perawatannya berikut ini agar rumah tetap nyaman dan aman.

Lantai Rumah dari Keramik

Ini adalah jenis lantai yang digemari dan digunakan banyak orang, karena perawatannya yang sangat mudah. Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya secara rutin untuk menjaga kebersihannya. Namun, ada kalanya anda perlu untuk menyikatnya agar tidak ditumbuhi jamur. Kelemahan dari jenis lantai keramik ini adalah semakin lama warnanya akan menjadi kusam. Biasanya ini disebabkan noda-noda yang tumpah di atas lantai. Oleh karena itu, setiap ada noda yang jatuh ke lantai segera dibersihkan agar tidak meninggalkan jejak.

Lantai Rumah

Sumber : Pinterest

Lantai Rumah dari Batu Alam Marmer atau Granit

Jika anda mengingin tampilan mewah, modern, dan elegan di dalam rumah anda, maka jenis lantai yang satu ini adalah piihan yang tepat. Untuk perawatan lantai rumah yang satu ini memang tidak semudah yang sebelumnya. Satu hal yang harus diingat adalah pastikan bebas genangan air. Jika ada air yang tumpah, segera dilap dan dibersihkan agar cepat kering. Hal ini dikarenakan sifat lantai dari batu alam marmer atau granit cenderung berpori dan membutuhkan perawatan lebih ekstra.

Ada baiknya memberikan coating pada lantai sebagai perlindungan tambahan agar lebih awet. Selain itu bersihkan lantai secara berkala dengan produk pembersih ber-pH netral. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkan lantai dengan kain lembut agar tidak muncul bercak di lantai.

Lantai Rumah

Sumber : Pinterest

Lantai Rumah dari Parket Kayu

Jenis lantai parket kayu dikenal akan memberikan kesan homey sejak pertama kali masuk. Tidak berbeda jauh dengan jenis lantai marmer, parket kayu juga disarankan untuk bebas air. Adanya genangan air justru akan menyebabkan kayu mudah rapuh hingga ditumbuhi jamur. Untuk perawatan lantai rumah jenis parket kayu juga sedikit lebih rumit. Setelah menyapunya, anda disarankan untuk mengepel lantai dengan pembersih khusus. Usahakan kain yang digunakan lembab dan tidak terlalu basah agar kayu tetap kokoh dan awet.

Selain itu anda juga sangat tidak disarankan untuk memindahkan perabotan dengan cara digeser, karena akan meninggalkan goresan. Oleh karena itu, disarankan untuk melapisinya dengan karpet pelindung tambahan agar tidak mudah tergores, awet, dan tetap cantik.

Lantai Rumah

Sumber : Pinterest

Lantai Rumah dari Vinyl

Secara umum, perawatan lantai vinyl di rumah tidak jauh berbeda dengan lantai kayu. Hanya saja jenis lantai vinyl lebih kuat terhadap air. Namun, meskipun begitu disarankan untuk tetap menjauhkannya dari genangan air, ya. Hal ini dikarenakan air dapat merusak lem yang digunakan lembaran vinyl ke lantai.

Lantai vinyl juga harus dijauhkan oleh perabotan-perabotan rumah tangga yang berkaki tajam. Anda juga disarankan saat memindahkan perabotan rumah dengan cara diangkat agar lebih awet dan menggunakan pelindung lantai seperti karpet.

Lantai Rumah

Sumber : Pinterest

Namun, sebelum anda membangun atau merenovasi rumah, ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu untuk mendapat dekorasi yang tepat dan sesuai dengan yang anda inginkan. Itulah sebabnya Nusa Multi Dimensi hadir untuk memberikan solusi pada anda. Jika anda masih bingung dan butuh berkonsultasi dengan ahlinya, kami siap membantu anda mewujudkannya.

Kelengkapan Gambar yang di dapatkan

  1. Surveyor.
  2. Siteplan.
  3. Konsep Desain.
  4. Layout/Floorplan.
  5. Perspektif Eksterior 3D (3 Dimensi).
  6. Perspektif Interior 3D (3 Dimensi).
  7. Gambar Kerja (DED).
  8. Arsitektur, Struktur, MEP.
  9. BOQ & RAB.
  10. Vidio Animasi.

Tidak Termasuk

  1. Perizinan IMB.
  2. Jasa Sondir.
  3. Jasa Topografi.

Sistem & Pembayaran

  • Segera hubungi customer service/marketing kami untuk konsultasi rencana kalian (untuk yang di luar kota). Bagi yang lokasi di Jabodetabek bisa atur janji untuk konsultasi langsung atau ke kantor kami.
  • Konsultasikan kepada kami selaku Desain Interior Rumah , beberapa referensi dari kalian untuk kami buat konsep.
  • Melakukan survey lokasi yang akan di bangun.
  • Selama tahap konsultasi FREE (tanpa biaya).
  • Tahap selanjutnya kami akan persentasikan Konsep Desain rangkuman dari beberapa pertemuan sampai ke survey lokasi.
  • Sebelum masuk ke tahap selanjutnya kami akan kirimkan Quotation, setelah melakukan pembayaran DP sesuai kesepakatan. Maka akan masuk ke proses selanjutnya untuk memulai Desain FINAL.
  • Selama proses desain kami akan lebih sering berkomunikasi seputar dengan pekerjaan yang sedang berlangsung. Lama desain tergantung dari kesulitan dan komitmen yang sudah di bicarakan di awal.
  • Jika desain sudah di setujui oleh klien maka kami anggap FINAL Desain dan bisa masuk ke tahap selanjutnya Gambar Kerja dan RAB.
  • Setelah itu semua selesai dan kami menyerahkan berkas silahkan melakukan pembayaran Pelunasan terlebih dahulu. Setelah melakukan pembayaran maka akan serah terima berkas serta desain yang sudah di sepakati antara NMD dan Klien.
  • Gambar Kerja yang sudah di buat bisa menjadi lampiran Tukang/Kontraktor untuk memulai pembangunan.

More Info

Jalan Raya Tole Iskandar Graha DL No. 88
Kota Depok – Jawa Barat
Office : 021-7708343
Telp : +62 817-7485-2503
Email : info@nmd.co.id
Website : www.nmd.co.id
Instagram : nmd.architect
Youtube Chanel : NMD architect.

PORTOFOLIO DESAIN RUMAH

POST A COMMENT

WhatsApp Hubungi Kami