PT. Nusa Multi Dimensi adalah perusahaan yang menyediakan jasa desain dan penyediaan informasi jasa kontraktor seperti rumah, villa, kost-kostan, maupun bangunan lainnya.

+62 812-1396-5588 support@nmd.co.id

Blog

HomeArtikelAwas! Jamur di Dinding Rumah Bisa Jadi Sumber Penyakit
jamur di dinding

Awas! Jamur di Dinding Rumah Bisa Jadi Sumber Penyakit

Awas! Jamur di Dinding Rumah Bisa Jadi Sumber Penyakit

Jamur di dinding sebaiknya jangan dibiarkan. Jamur-jamur ini muncul pada dinding karena tingkat kelembaban ruangan yang tergolong tinggi. Jamur memang ada banyak jenisnya dan tempat hidupnya. Salah satunya adalah di dalam rumah. Biasanya, jamur tumbuh di dinding, kamar mandi, tumpukan kardus, dan beberapa tempat lembab lainnya. Selain itu, tahukah anda, jamur yang ada di dinding rumah berbahaya bagi kesehatan?

Setiap jamur yang menempel pada dinding rumah bisa terhirup. Parahnya, ada beberapa jamur yang menghasilkan racun. Setiap udara yang kita hirup dan telah terkontaminasi jamur akan membuat racunnya dengan mudah terserap ke dalam diri kita. Mungkin di awal jamur-jamur yang ada di dinding rumah tidaklah mengganggu. Namun, jika sudah mulai semakin banyak usahakan segera mengatasinya. Hal ini akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan anda dan keluarga.

Penyakit apa saja yang bisa disebabkan dari jamur di dinding ini?

Alergi

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada kalanya jamur memicu reaksi alergi, khususnya bagi yang sensitif. Hal ini terjadi karena kekebalan tubuh mendeteksi jamur yang terhirup sebagai benda asing yang berbahaya dan menjadikannya alergi. Ada beberapa tanda yang terlihat jika terkena alergi jamur, seperti bersin-bersin, batuk, hingga ruam pada kulit.

Meningkatkan risiko asma

Sang buah hati memiliki riwayat asma? Coba periksakan dinding rumah anda apakah berjamur? Jika iya atasi jamur di dinding sesegera mungkin. Jamur yang berada di dalam rumah dapat memperburuk kondisi asma seseorang. Saat jamur tumbuh di dalam rumah, ada banyak kandungan asing yang menghasilkan senyawa racun. Jika dibiarkan begitu saja, anggota keluarga akan mengalami sulit bernapas.

Mengalami sinusitis

Sinusitis atau dikenal dengan peradangan di rongga sinus. Peradangan yang terjadi meningkatkan produksi lendir dan mengganggu pernapasan. Tidak hanya itu, tanda lain dari sinusitis adalah sakit kepala hingga demam. Penyebabnya adalah adanya jamur di dinding rumah yang terhirup dan menginfeksi rongga hidung. Oleh karenanya, segera atasi jamur sebelum terlambat, ya.

Meningkatkan risiko bronkitis

Penyakit yang satu ini cukup familiar, bukan? Bronkitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan kita. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan produksi lendir yang mengganggu pernapasan. Parahnya, jika didiamkan saja dapat menuju ke pneumonia. Adanya jamur di dinding rumah adalah salah satu faktor penyebab bronkitis. Tidak ingin, kan, seluruh anggota keluarga menjadi sakit?

Lalu bagaimana cara mengatasinya jika dinding rumah anda sudah ditumbuhi jamur? Berikut kami berikan beberapa cara untuk membersihkannya.

1. Siapkan Cuka

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan noda jamur pada dinding rumah adalah menyiapkan cuka. Setelah itu, pindahkan cairan cuka ke dalam botol semprot dan semprotkan ke setiap sisi dinding yang paling paling banyak jamurnya. Perlu diketahui, Anda tak perlu mencampur cairan cuka dengan air. Setelah memnyemprot dinding dengan cuka, diamkan selama satu jam sebelum lanjut ke tahapan berikutnya.

jamur di dinding

Sumber : Pinterest

2. Bersihkan dengan air atau gosok dengan sikat keras

Setelah menyemprot dengan cuka, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan jamur pada dinding adalah dengan air atau sikat keras. Caranya, siapkan kain bersih kemudian basahkan kain dengan dengan air bersih. Setelah itu, gosok bagian dinding jamur. Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan sikat pembersih dengan bulu kasar lalu gosoklah dengan keras. Cara ini efektif untuk noda jamur yang membandel.

jamur di dinding

Sumber : Pinterest

3. Usap dengan kain kering

Langkah ketiga untuk menghilangkan jamur pada dinding adalah menggunakan kain kering yang tidak dicampur dengan apapun. Lalu, gosok kembali dengan cara lebih keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kemudian, buka jendela rumah untuk menghilangkan bau cuka yang menyengat dan membuat dinding cepat kering. Catatan: Untuk menghindari jamur datang kembali, Anda perlu menyemprotkan cuka tanpa dicampur apapun sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

jamur di dinding

Sumber : Pinterest

4. Cara menghilangkan jamur di eksterior rumah

Jamur juga bisa tumbuh di permukaan eksterior rumah seperti dinding, kolam, batu, dan pagar. Pemutih klorin cukup efektif untuk membersihkan semua jenis pelapis dinding rumah, beton, bata, dan batu, namun berbahaya bagi tanaman dan rumput. Pastikan untuk menutupi tanaman yang rentan dengan terpal plastik tebal.

Campurkan satu cangkir pemutih klorin dengan satu galon air. Masukkan larutan tersebut ke dalam semprotan tanaman. Selalu kenakan kacamata pengaman, sarung tangan, pakaian pelindung, dan alat pernapasan.

Basahi area berjamur dengan air biasa lalu semprotkan larutan pemutih dan biarkan bekerja selama beberapa menit. Jika noda masih tertinggal, gosok area tersebut lalu oleskan kembali pemutih dan larutan air. Biarkan mengering sepenuhnya. Bilas dengan air biasa setelahnya.

jamur di dinding

Sumber : Pinterest

Jangan sampai jamur di dinding merusak kesehatan dan keindahan dekorasi rumah anda. Namun untuk mendapatkan hunian yang ideal memang tidak bisa dilakukan sembarangan, terlebih soal dekorasi ruangan. Itulah sebabnya Nusa Multi Dimensi hadir untuk memberikan solusi pada anda. Jika anda masih bingung dan butuh berkonsultasi dengan ahlinya, kami siap membantu anda mewujudkannya.

Kelengkapan Gambar yang di dapatkan

  1. Surveyor.
  2. Siteplan.
  3. Konsep Desain.
  4. Layout/Floorplan.
  5. Perspektif Eksterior 3D (3 Dimensi).
  6. Perspektif Interior 3D (3 Dimensi).
  7. Gambar Kerja (DED).
  8. Arsitektur, Struktur, MEP.
  9. BOQ & RAB.
  10. Vidio Animasi.

Tidak Termasuk

  1. Perizinan IMB.
  2. Jasa Sondir.
  3. Jasa Topografi.

Sistem & Pembayaran

  • Segera hubungi customer service/marketing kami untuk konsultasi rencana kalian (untuk yang di luar kota). Bagi yang lokasi di Jabodetabek bisa atur janji untuk konsultasi langsung atau ke kantor kami.
  • Konsultasikan kepada kami selaku Desain Interior Rumah , beberapa referensi dari kalian untuk kami buat konsep.
  • Melakukan survey lokasi yang akan di bangun.
  • Selama tahap konsultasi FREE (tanpa biaya).
  • Tahap selanjutnya kami akan persentasikan Konsep Desain rangkuman dari beberapa pertemuan sampai ke survey lokasi.
  • Sebelum masuk ke tahap selanjutnya kami akan kirimkan Quotation, setelah melakukan pembayaran DP sesuai kesepakatan. Maka akan masuk ke proses selanjutnya untuk memulai Desain FINAL.
  • Selama proses desain kami akan lebih sering berkomunikasi seputar dengan pekerjaan yang sedang berlangsung. Lama desain tergantung dari kesulitan dan komitmen yang sudah di bicarakan di awal.
  • Jika desain sudah di setujui oleh klien maka kami anggap FINAL Desain dan bisa masuk ke tahap selanjutnya Gambar Kerja dan RAB.
  • Setelah itu semua selesai dan kami menyerahkan berkas silahkan melakukan pembayaran Pelunasan terlebih dahulu. Setelah melakukan pembayaran maka akan serah terima berkas serta desain yang sudah di sepakati antara NMD dan Klien.
  • Gambar Kerja yang sudah di buat bisa menjadi lampiran Tukang/Kontraktor untuk memulai pembangunan.

More Info

Jalan Raya Tole Iskandar Graha DL No. 88
Kota Depok – Jawa Barat
Office : 021-7708343
Telp : +62 817-7485-2503
Email : info@nmd.co.id
Website : www.nmd.co.id
Instagram : nmd.architect
Youtube Chanel : NMD architect.

PORTOFOLIO DESAIN RUMAH

POST A COMMENT

WhatsApp Hubungi Kami